Tips Mudik Nyaman dan Aman Bersama Keluarga

Mudik adalah tradisi tahunan yang tidak akan dilewatkan oleh sebagian besar keluarga Indonesia. Moment puasa dan menjelang perayaan Lebaran biasanya dimanfaatkan oleh warga yang bukan asli penduduk Jakarta untuk memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan orangtua serta sanak saudara.

Bila semua itu tidak berhasil didapatkan, angkutan pribadi pun akan menjadi pilihan utama. Apakah itu dengan motor, mobil atau bisa juga memanfaatkan alat transportasi jenis lain, seperti bajai, becak, odong-odong (kereta yg di tarik motor dan motornya di modifikasi sehingga mirip lokomotif kereta), dan lain sebagainya.

Hal ini tak jarang kecelakaan lalu lintas kerap terjadi dan semakin meningkat setiap tahunnya, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa dari anak-anak maupun orangtua. Bila hal itu terjadi perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan bisa menjadi duka. Selain itu, perjalanan mudik yang bisa memakan waktu berrjam-jam bisa sangat membosankan.

Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membuat perjalanan Anda bisa menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan:

1. Patuhi rambu lalu lintas

Karena dengan mematuhi rambu lalu lintas selama perjalanan, maka Anda akan selamat berkendara sampai dengan tujuan.

2. Jangan paksakan jumlah penumpang dalam kendaraan

Kebiasaan masyarakat Indonesia di saat lebaran tiba biasanya mereka akan memboyong seluruh keluarganya untuk mudik. Kapasitas mobil yang memang tidak terlalu besar, terkadang tetap dipaksakan. Di tambah lagi dengan jumlah bawaan atau oleh-oleh yang akan dibawa buat sanak saudara di kampung halaman.

3. Bawalah bacaan favorit Anda

Bila Anda melintasi jalur-jalur padat kendaraan, seperti jalur Pantura, membaca buku bisa menjadi pilihan yang menarik agar perjalanan Anda tidak membosankan. Selain meringankan stres akibat antrean kendaraan yang mengular hingga puluhan kilometer, membaca buku juga dapat melatih otak dan dapat menjauhkan kita dari resiko penyakit.

4. Mendengarkan musik kesukaan

Persiapkan MP3 player yang berisi lagu-lagu kesukaanmu untuk didengarkan selama dalam perjalanan. Hal ini bisa sedikit melupakan jauhnya rute yang akan ditempuh.

5. Bawalah cemilan

Selain praktis, cemilan ini juga harus membantu memulihkan stamina Anda yang pastinya lelah selama perjalanan. Pertama, perbanyaklah minum air putih, untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Kedua, bawalah buah-buahan segar yang sudah disiapkan dalam satu wadah dalam keadaan sudah terpotong-potong. Ketiga, bawalah roti sebagai pengganti nasi dalam perjalanan mudik Anda.

6. Last but not least adalah berdoalah agar selamat sampai di tujuan

Sebelum berangkat dan dalam perjalanan mudik jangan lupa berdoa. Karena seperti kita ketahui, setiap tahun ada saja kecelakaan yang sewaktu-waktu bisa menimpa siapa saja.

sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/660299/6-tips-pulang-kampung-yang-aman-dan-menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *