Berencana Investasi Di Usia Muda, Mau Pilih Tanah Atau Apartemen?

Investasi properti merupakan pilihan investasi yang tidak mengenal usia. Baik muda atau pun tua usia berapapun usiamu kamu bisa mulai investasi. Kenaikan nilai jual properti mulai dari tnah, rumah hingga apartemen yang terus meningkat membuat masyarakat berfikir keras untuk mulai berinvestasi sekarang juga. Semakin lama kamu menunda untuk investasi properti maka kamu akan melewatkan kesempatak untuk membeli properti dengan harga terendah.

Saat ini banyak anak muda yang masih berusia 20-an sudah memiliki penghasilan dan tabungan  yang sangat banyak. Perkembangan teknologi yang semakin pesat bisa membuat beragam pekerjaan bisa dilakukan oleh anak muda. Bahkan hobi pun sudah bisa memberikan penghasilan yang cukup besar. Banyak diantara mereka kebingungan untuk mengalokasikan uang dan pengasilan yang mereka dapatkan alhasil mereka membuang penghasilan tersebut dengan sia – sia dengan cara berfoya – foya dengan berbelanja dan kegaitan lainnya. Padahal jika digunakan untuk investasi akan sangat menguntungkan dan menjanjikan untuk masa depan mereka.

Meskipun begitu, ternyata masih ada anak muda yang peduli dengan kondisi finansial dan masa depan mereka. Kebanyakan dari mereka menanamkan penghasilannya sebagai modal untuk membuka sebuah usaha atau menggunakannya untuk investasi properti. Investasi properti yang dipilih mereka sebagian besar adalah investasi properti berupa tanah dan apartemen.

Nilai jual tanah yang terus meningkat dan cukup menjanjikan, dan mudah untuk dikelola menjadikan investasi tanah diminati oleh anak muda. Sedangkan apartemen, sebagian besar dari mereka memanfaatkannya karena gaya hidup mereka dan berbagai faktor lainnya.

Namun dari kedua jenis investasi tersebut pilihan manakah yang lebih menguntungkan ? dan memudahkan ? simak ulasan dan uraian informasi berikut ini !

INVESTASI APARTEMEN

Keuntungan :

  1. Nilai jual bervariasi, luas danbentuk apartemen terbilang cukup bervariasi sehingga nilai jualnya pun lebih banyak. Mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikannya dengan budget.
  2. Dapat disewakan dengan mudah. Kamu bisa mendapatkan penghasilan rutin yang cukup tinggi dengan peminat yang banyak untuk apartemen kamu bisa dengan mudah mendapatkan penyewa.
  3. Letak strategis, lokasi properti sangat mempengaruhi nilai jual properti tersebut. Lokasi Apartemen sebagian besar terletak di pusat kota dengan akses yang cukup mudah menuju berbagai tempat lainnya.

Kerugian :

  1. Biaya rutin, apartemen memiliki fasilitas dan perlengkapan yang cukup lengkap dan hal itu memerlukan perawatan yang khusus. Dengan begitu otomatis kamu perlu untuk menyisihkan uang lebih guna melunasi dan membayar biaya – biaya rutin bulanan tersebut. Mulai dari biaay keamanan, perawata dan pemeliharaan gedung hingga layanan kamar.
  2. Rusak satu mempengaruhi unit lainya, ketika satu unit apartemen mengalami kerusakan seperti pipa bocor maka unit apartemen lainnya akan ikut memiliki permasalahan serupa.

INVESTASI TANAH

Keuntungan :

  1. Tidak ada biaya perawatan, Tanah tidak akan mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya – biaya untuk perbaikan, perawatan atau bahkan kebersihan.
  2. Harga murah, Nilai jual tanah terbilang cukup murah dibangdingkan dengan harga apartemen atau rumah. Meskipun begitu nilai jual tanah tidak pernah mengalami penurunahn bahkan cenderung naik setiap waktunya.
  3. Tidak mengenal waktu, Pemilik tanah bisa dengan bebas menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjual tanah atau investasi tanah tersebut. Mau satu atau dua tahun kedepan atau beberapa tahun lagi.
  4. Tidak ada kata bekas pakai, Tidak ada istilah tanah dijual bekas atau bekas pakai. tidak ada faktor pula yang mempengaruhi nilai jual tanah untuk menurun.

Kerugian :

  1. Sulit laku saat dijual, Bila dibandingkan dengan properti lainnya tanah memang cenderung lebih sulit untuk laku. Sebagian besar masyarakat cendrung berminat untuk membeli rumah atau apartemen yang siap untuk dihuni dibandingkan dengan tanah yang harus dibangun dulu rumah diatasnya sebelum ditempati.
  2. Tidak bisa dapatkan penghasila rutin, Bila apartemen dan rumah bisa disewakan untuk mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya. Maka berbeda dengan tanah yang tidak bisa disewakan.

Baik tanah ataupun apartemen, investasi properti dalam bentuk apapun pasti akan mendapatkan kauntungan. Hal ini hanya tergantung dari modal dan tujuanmu untuk melakukan investasi tersebut. Bila kamu memiliki budget rendah untuk investasi maka dangat disarankan untuk memilih investasi properti berupa tanah. Namun jika kamu memiliki modal yang cukup kuat, dan ingin investasi tersebut memberikan penghasilan rutin yang menjanjikan. Kamu bisa memilih apartemen.

Semua bergantung pada kondisi finansial. Pastikan untuk memilih dengan teiti apapun itu pilihan investasi properti yang kamu lakukan. Pahami semua informasi dan seluk beluk investasi yang akan kamu pilih sebelum menanamkan dan mengeluarkan biaya atau modal lebih banyak.

Hindari untuk menunda – nunda investasi, lakukan sekarang juga. Karena sebaik – baiknya investasi yang kamu lakukan adalah investasi yang dilakukan saat ini juga. Semoga ulasan diatas bisa memberikan informasi yang cukup untuk membantumu menentukan pilihan yang tepat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *