3 Cara Tradisional Perawatan Rambut Wanita Berketombe

Bila rambut sudah berketombe, perawatan rambut wanita mutlak dilakukan untuk menghilangkan ketombe sekaligus mengembikan kesehatanya kembali. Sebagaimana diketahui, bila rambut berketombe secara otomatis tingkat kesehatan rambut terganggu. Maka mengembalikan kesehatanya mutlak dilakukan. Nah, untuk ketombe itu ada beragam cara yang bisa kita pakai. Bisa menggunakan bahan-bahan modern yang tersedia di toko obat, atau bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Bila kita menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, umumnya di kenal dengan nama cara tradisional.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bahas cara-cara tradisional untuk menghilangkan ketombe yang terbukti ampuh. Tapi sebelum membahas cara nya, ada baiknya diketahui terlebih dahulu apa saja penyebab ketombe. Ketombe bisa datang akibat pengelupasan yang terjadi pada kulit kepala. Pengelupasan ini bisa terjadi karena tidak sesuainya bahan atau sampo yang kita gunakan, akibat jamur, akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Mengobati kulit kepala yang berketombe sama artinya dengan memberikan nutrisi pada kulit kepala.

1. Dengan memakai jeruk nipis

Perawatan rambut wanita pertama yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengembalikan kesehatan rambut kepala dan menghilangkan ketombe. Cara menggunakanya pun sangat sederhana. Kita hanya perlu mengambil jeruk nipis yang masih segar lalu membelahnya menjadi dua bagian dan melaburkanya ke bagian kulit kepala yang berketombe. Cukup laburkan secara merata jeruk nipis yang sudah diperas.

Setalah rata ki laburkan air perasan jeruk nipis, selanjutnya kita pijat-pijat kulit kepala biar air perasan jeruk nipisnya meresap merata ke bagian dalam kulit kepala. Jangan langsung di bilas setelah itu, tapi diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Baru setelah itu, bilas dengan air bersih sampai bersih.

Karena ini adalah bagian cara tradisional, maka kita harus menggunakanya secara teratur dan rutin demi hasil yang maksimal. Tapi sejak pemakaian pertama, efeknya pasti sudah terasa. Dibanding dengan cara modern, cara semacam ini jauh lebih aman bahkan tanpa efek samping sama sekali. Cara ini akan semakin optimal jika kita imbangi dengan menjaga kebersihan rambut.

2. Dengan memakai madu

Tak suka dengan jeruk nipis? Kamu juga bisa menggunakan madu untuk menghilangka ketombe di rambut kepala kamu. hal ini karena madu mengandung banyak bahan yang sangat baik untuk kulit kepala sekaligus menghilangkan ketombe. Cara menggunakan juga sangat sederhana, kita cukup mencampur madu dengan bawang merah. Lalu diblender. Setelah itu kita laburkan ke kulit kepala dengan merata. Diamkan beberapa menit sebelum nanti dibilas dengan air bersih. Sama seperti menggunakan jeruk nipis, menggunakan madu juga harus dilakukan secara rutin dan teratur demi hasil maksimal.

3. Dengan memakai minyak esensial

Berikutnya adalah dengan menggunakan minyak essensial. Nah minyak esensial yang bisa kamu gunakan ada banyak jenisnya. Kamu bisa mengguanakan minyak zaitun, minyak lavender atau minyak kelapa. Minyak-mimyak tersebut terbukti ampuh menghilangkan ketombe sejak jaman dahulu kala. Bahakan minyak kelapa sudah dipakai secara tradisional oleh banyak masyarakat jawa.

Selain menggunakan tiga bahan di atas, untuk perawatan rambut wanita yang berketombe juga bisa menggunakan lidah buaya. Cara menggunakanya sama dengan menggunakan jeruk nipis. Cukup ambil potongan lidah buaya lalu dioleskan pada kulit kepala. Lidah buaya akan menjaga kesehatan kulit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *